Web desgin

Mengenali Tipe Dan Ukuran Brosur

Brosur menurut wikipedia adalah sebuah buku yang dicetakan atau terbit dalam jumlah beberapa lembaran kecil terdapat informasi tertentu sekali terbit. Biasanya dipakai untuk memasarkan sebuah produk baru atau penawaran jasa yang di dalamnya terkandung informasi singkat, jelas, dan padat.

Di indonesia sendiri brosur dicetak oleh pihak pengusaha percetakan. Kawasan yang banyak digunakan untuk memproduksi brosur terbaik berada di jakarta barat. Disana pasti banyak ditemukan toko, rukan, atau pabrik percetakan yang cukup banyak dan profesional. Bisnis percetakan brosur memang menjanjikan karena di jakarta sendiri hampir setiap bulan nya memproduksi terbitan buku baru.

Jenis-jenis Brosur

Di indonesia brosur sudah jarang digunakan untuk membagikan informasi dan berpindah ke media digital akan tetapi dalam hal tertentu media digital tidak dapat menjangkau dan hanya brosur bisa menjangkaunya. Anda harus tau jenis dan fiutr morfologi dari brosur itu sangat berbeda-berda. Format setiap brosur akan membawa keefektifan informasi yang terkandung didalamnya.

Brosur yang sudah anda rencana untuk dicetak dapat menjadi opsi saran untuk desain brosur perusahaan anda dan ingat lihat pada tujuannya. Format yang anda pilih haruslah melihat informasi yang disampaikan dan aspek kenyamanan morfologi terhadap perusahaan ke penerima brosur (konsumen). Dibawah ini contoh brosur berdasarkan jenis dan tipenya :

Bi-fold brochure Letter or A4 size
Bi-fold brochure Letter or A4 size
Leaflet Letter or A4 size
Leaflet Letter or A4 size
Bi-fold brochure A3 size
Bi-fold brochure A3 size
Tri-fold A3 size
Tri-fold A3 size
Folder with flap and inserts
Folder with flap and inserts

Brosur diatas merupakan jenis yang lebih cocok untuk memasarkan produk secara profesional dengan pilihan warna, desain, dan informasi yang tepat. Umumnya format yang digunakan adalah dengan menambah lebih banyak gambar dan sedikit diskripsi tentang produk secara jelas.

Format brosur akan berpengaruh terhadap fungsi masing-masing brosur jika salah dalam peletakan format akan membuat informasi didalamnya kurang maksimal. Akan tetapi dalam situasi tertentu format yang seperti ini bisa digunakan walaupun tidak maksimal. Contoh saja format dalam sebuah amplop disana terdapat desain yang dieratkan informasi sebuah perusahaan ini akan terlihat profesional dan informatif. Jika perusahaan mengirim sesuatu dengan amplop kandungan informasi otomatis mengikuti, sedangkan jika amplop tersebut hanya tulisan tangan akan membuat informasi kurang maksimal. Mungkin beberapa orang berfikir jika amplop hanyalah sebagaian dari hal kecil yang tidak berguna untuk informasi namun secara garis besar mereka tidak sadar bahwa perusahaan yang memiliki desain amplop profesional akan mudah dikenal ketimbang menggunakan amplop tradisional.

Memiliki brosur akan memperbaiki citra dan keuntungan penjualan perusahaan. Perlu diingat lagi bahwa ukurang sebuah brosur akan mencerminkan aspek morfologis didalam nya. Sasaran yang tepat jika anda mengukur ukuran desain brosur secara pas. Brosur yang dirancang sesuai ukuran akan menentukan target mana yang cocok seperti area mall, perkantoran, atau kawasan elit.

sumber : http://www.brochuredesignteam.com/Brochure-Types-2500.html

Advertisements