Makanan

5 Bahan Pembuatan Roti Paling Baku dan Penting

Aneka Bentuk Roti

Bahan roti harus sesuai dengan takarannya. Jika takarannya tidak sesuai maka hasilnya tidak akan sempurna. Misalnya saja jika pembuatan roti tidak dimasukkan pengembang maka roti tersebut akan bantat seperti dengan kue brownies. Dulunya kue atau roti brownies ini tercipta dikarenakan pembuatnya lupa memasukkan bahan pengembang ke dalam adonan. Meski teksturnya bantat, brownies tersebut justru diminati oleh masyarakat sampai saat ini. Agar rasa dan teksturnya sempurna, bahan baku roti harus tersaji dengan lengkap. Simak beberapa bahan roti paling baku berikut ini:

Kunjungi : Sari Roti

Tepung Terigu Protein Tinggi

Bahan roti yang pertama adalah tepung terigu protein tinggi dan dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan roti. Jangan menyamakan tepung terigu untuk membuat gorengan dengan pembuatan roti. Sebab hasil tidak akan maksimal jika Anda menggunakan tepung terigu dengan protein rendah. Tepung terigu protein tinggi ini dihasilkan dari biji gandum yang mengandung gluten sehingga tekstur roti tersebut akan menjadi elastis.

Telur

Bahan dasar pembuatan roti selanjutnya adalah telur. Mengapa telur ini menjadi bahan dasar pembuatan roti?, hal itu dikarenakan telur akan membuat tekstur kue menjadi lebih lembut dan empuk. Adonan kue juga menjadi mudah mengembang. Khusus untuk kue kering telur ini bisa membuat tekstur kue kering menjadi gurih dan renyah. Yang digunakan adalah bagian kuning telurnya saja.

Gula

Gula adalah salah satu bahan dasar pembuatan roti yang tidak boleh dilupakan. Meski roti tersebut rasanya gurih, namun kandungan di dalamnya tetap menggunakan gula meski takarannya sedikit. Gula ini pasti digunakan dalam setiap proses pembuatan roti baik yang basah maupun kering, yang berbeda hanyalah takarannya.

Mentega dan Margarin

Bahan selanjutnya adalah  mentega dan margarin. Yang harus diingat di sini adalah mentega berbeda dengan margarin. Sampai saat ini masih banyak yang bingung membedakan antara mentega dengan margarin tersebut. Agar tekstur roti sempurna Anda harus tahu takaran yang pas antara mentega dengan margarin tersebut.

Bread Improver

Bahan dasar pembuatan roti ini tidak boleh dilupakan khususnya untuk adonan roti basah. Bread improver adalah bahan tambahan yang bisa membuat roti menjadi lebih mengembang sehingga roti bisa menjadi empuk dan halus. Tanpa bahan tambahan ini roti menjadi lebih keras dan bantat.

Setiap pembuatan roti memiliki takaran bahan yang berbeda. Oleh sebab itu selain Anda tahu  bahan roti apa saja yang digunakan, perhatikan pula takarannya agar tidak kurang dan tidak berlebihan.

Advertisements